Belajar (Literasi) Istilah Penting Dalam Debat Capres 2019

Tema Penting: Infrastruktur, Pangan, Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

Image: mojok.co

Debat kedua khusus antarcapres sudah selesai, debat kedua ini merupakan rangkaian dari lima debat yang direncanakan, tema yang diangkat tentang energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, infrastruktur pada debat capres kedua Pilpres 2019. Debat digelar Minggu (17/2) di Hotel Sultan, Jakarta. Dalam Debat Capres tersebut menyisakan banyak istilah-istilah baru yang diucapkan oleh kedua pasangan calon presiden. Bagi masyarakat awam (seperti saya) perlu rasanya untuk mempelajari istilah-istilah baru tersebut contohnya istilah “unicorn” agar kita sebagai masyarakat awam tidak tertinggal jauh dengan istilah-istilah tersebut untuk menambah perbendaharaan pengetahuan.



5 Topik penting atau ide besar yang merupakan materi debat antarcapres tersebut, antara lain:
  1. Infrastruktur (asosiasi topik : infrastruktur, tol, konstruksi, sarana, prasarana, jembatan, jalan, pelabuhan, bandara, kereta, api, MRT, LRT, Busway, Palembang, pulau, transportasi, proyek, revolusi, industri, drone, robot)
  2. Pangan (asosiasi topik : kelaparan, beras, pangan, komoditi, komoditas, panen, sembako, swasembada, ikan, nelayan, petani, sawah, harga, pokok, impor, peternakan, import, lapar, pertanian, plasma)
  3. Energi (asosiasi topik : energi, minyak, tambang, gas, elpiji, batu, bara, geotermal, listrik, token, pln, oil, bio, fuel, diesel, bahan, bakar)
  4. Sumber daya alam (asosiasi topik : hutan, kayu, sumber, daya, alam, laut, perikanan, kelapa, sawit, pertanian, lahan, tanah)
  5. Lingkungan hidup (asosiasi topik : lingkungan, hidup, konservasi, punah, kepunahan, pencemaran, amdal, hewan, langka, sungai, tercemar, iklim, cuaca, pbb)
Berikut beberapa istilah penting berdasarkan percakapan dari awal hingga akhir (dikutip dari penulis : Ghelvinny).

  A. SWASEMBADA PANGAN

Image: google.com

Swasembada dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memenuhi segala kebutuhan. Pengan adalah bahan-bahan makanan yang didalamnya terdapat hasil pertanian,perkebunan dan lain-lain. Jadi swasembada pangan adalah kemampuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan bahan makanan sendiri tanpa perlu mendatangkan dari pihak luar.

  B. INFRASTRUKTUR

Image: google.com

Infrastruktur fisik dan sosial adalah dapat didefinisikan sebagai kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistem struktur yang diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat sebagai layanan dan fasilitas yang diperlukan agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik.

 C. BIO DIESEL

Image: google.com

Bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak, yang dipakai sebagai alternatif bagi bahan bakar dari mesin diesel dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak sayur atau lemak hewan.

  D. GREEN FUEL

Image: google.com

Bahan bakar ramah lingkungan (contoh minyak kelapa sawit diolah menjadi avtur, diesel, LPG dan BBM dengan oktan di atas 90 persen).

  E. BIODIESEL B20 DAN B100

Image: google.com

Bahan bakar diesel campuran minyak nabati 20 % dan minyak bumi (petroleum diesel) 80 % sedangkan B100, berarti 100 % minyak nabati.

  F. LAHAN GAMBUT

Image: google.com

Sebidang lahan atau wilayah dengan kondisi tanah yang dominan mengandung serasah atau sisa tumbuhan yang telah mati dan mengalami pembusukan secara alami sehingga kaya akan kandungan bahan organik serta kandungan air dalam jumlah yang sangat tinggi.

  G. SISTEM LOGISTIK

Image: google.com

Sistem yang membahas mengenai keterkaitan antara entitas/pelaku dalam sebuah kegiatan logistic yang terintegrasi, dari pemasok hingga konsumen dalam masing-masing jaringan distribusi untuk menggerakkan barang/jasa. Adapun yang menjadi obyek dari sistem logistik dapat berupa barang jadi, barang setengah jadi, maupun bahan baku.

  H. KONEKTIVITAS

Image: google.com

Keterkaitan atau hubungan, ruang adalah tempat di permukaan bumi baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian saja.

  I. FEASIBILITIY STUDY (STUDI KETERLAKSANAAN/ KELAYAKAN)

Image: google.com

Kajian yang dilihat dari berbagai segi aspek baik aspek legalitas, aspek teknis, pemasaran, sosial ekonomi maupun manajemen dan keuangan, yang hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan suatu proyek dijalankan, ditunda, atau tidak dijalankan.

  J. DED (Detail Engineering Design)

Image: google.com

Dalam Pekerjaan Konstruksi dapat diartikan sebagai produk dari konsultan perencana, yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan (gambar kerja) detail bangunan sipil seperti gedung, kolam renang, jalan, jembatan, bendungan, dan pekerjaan konstruksi lainnya.

  K. LRT dan MRT

Image: google.com

LRT (Light Rapid Transit) atau kereta api ringan: moda transportasi berbasis rel dengan rangkaian 2-4 kereta, sistem perlintasannya menggunakan jalan layang (elevated) dan digerakkan aliran listrik, umumnya bisa menampung 600 penumpang.
MRT (Mass Rapid Transit): sama dengan LRT, memiliki rangkaian 6 kereta, menggunakan jalan layang atau bawah tanah (underground), daya angkut penumpang lebih banyak dibandingkan LRT (sekitar 1500an).

  L. KONFLIK AGRARIA

Image: kumparan.com

Konflik di sektor pertanian seperti penggusuran, perampasan tanah, hilangnya mata pencaharian dan kearifan lokal.

  M. COST OF LAND ACQUISITION

Image: google.com

Biaya pembebasan lahan masyarakat oleh negara.

  N. REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Image: google.com

Revolusi industri generasi ke-4 adalah Perubahan sektor industri di dunia yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi serta internet (internet of things) dengan kata lain terjadi tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.


  O. ARTIFICIAL INTELLIGENCE (Kecerdasan Buatan) biasa disingkat Al

Image: google.com

Kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

 P. INTERNET OF THINGS (IoT) atau Internet Untuk Segala 

Image: google.com

Sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata dengan kata lain mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

 Q. BIG DATA

Image: google.com

Pertumbuhan data dan informasi yang eksponensial dengan kecepatan dalam pertambahannya dan memiliki data yang bervariasi sehingga menyebabkan tantangan baru dalam pengolahan sejumlah data besar yang heterogen dan mengetahui bagaimana cara memahami semua data tersebut. Pertumbuhan data dan informasi yang eksponensial dengan kecepatan dalam pertambahannya dan memiliki data yang bervariasi sehingga menyebabkan tantangan baru dalam pengolahan sejumlah data besar yang heterogen dan mengetahui bagaimana cara memahami semua data tersebut.

  R.  ADVANCED ROBOTICS 

Image: google.com

Advanced Robotics atau Robot tingkat lanjut yang dimaksud disini adalah bagaimana Robot (atau mesin) yang digunakan di beragam industri untuk memposisikan komponen yang dikerjakan dengan sangat cepat dan akurat, konsep yang ditawarkan adalah seperti penggunaan sensor, (sensor sentuh, ultrasonik, atau cahaya yang memungkinkan robot berinteraksi dengan dunia nyata disekitarnya). Biasanya kemampuan robot ini dimanfaatkan untuk menangani pekerjaan dengan risiko tinggi yang mungkin bisa membahayakan pekerja manusia, terutama di pabrik yang menggunakan bahan kimia atau beban berat.

  S.  MARKET PLACE 

Image: google.com


Sebuah lokasi jual beli produk dimana seller dan juga konsumen bertemu di suatu tempat. Seller akan menjual barangnya di lapak yang sudah disediakan oleh e-commerce (transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet) Beberapa situs marketplace yang paling populer di Indonesia adalah Bukalapak, Bhinneka, Shopee, Tokopedia, OLX, Zalora, Blibli, dan Lazada.

  T. EKOSISTEM ONLINE dan OFFLINE

Image: google.com

Secara sederhana ekosistem online dan offline yang dimaksud adalah hubungan timbal balik tak terpisahkan antara pihak produsen dan konsumen dibidang perdagangan (e-commerce), membangun ekosistem yang menghubungkan pasar offline (pasar konvensional, seperti pasar rakyat, supermarket) dengan pasar online (toko online).

  U.  PALAPA RING

Image: google.com

Suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer. Proyek Palapa Ring dimulai dengan penandatangan hasil konsorsium untuk pembangunan jaringan serat optik di Kawasan Indonesia Timur (KIT) pada Jumat 5 Juli 2007 oleh tujuh operator telekomunikasi.

  V.  KELAPA SAWIT (Elaeis)

Image: google.com

Tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

  W.  KONSESI

Image: google.com

Pemberian hak, izin, atau tanah oleh pemerintah, perusahaan, individu, atau entitas legal lain. Konsesi antara lain diterapkan pada pembukaan tambang dan penebangan hutan. Model konsesi umum diterapkan pada kemitraan pemerintah swasta (KPS) atau kontrak bagi hasil.

 X. EKONOMI MARITIM (berbeda dengan ekonomi kelautan)

Image: google.com

Kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait.

  Y.  EKONOMI KELAUTAN

Image: google.com


Kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta di darat yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa.

  Z.  Unicorn (Startup)

Image: google.com

Startup : Sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Umumnya perusahaan ini identik dengan bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

  1. Unicorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 1 miliar.
  2. Decacorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 10 miliar.
  3. Hectocorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 100 miliar.

   HGU (HAK GUNA USAHA)

Image: google.com

Adapun macam-macam hak atas tanah menurut UUPA adalah sebagai berikut :
  • hak milik
  • hak guna-usaha
  • hak guna-bangunan hak guna-bangunan
  • hak pakai
  • hak sewa
  • hak membuka tanah
  • hak memungut-hasil hutan hak memungut-hasil hutan
  • hak-hak lain yang tidak termasuk dalam hak-hak tersebut diatas yang akan ditetapkan dengan Undangundang serta hak-hak yang sifatnya sementara
  • Hak Milik

Berdasarkan Pasal 28 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Pokok-pokok Agraria (UUPA), Hak Guna Usaha (HGU) adalah hak khusus untuk mengusahakan tanah yang bukan miliknya sendiri atas tanah yang dikuasai langsung oleh negara untuk perusahaan pertanian, perikanan atau peternakan.
Definisi lain : HGU merupakan hak pengelolaan lahan yang diterbitkan pemerintah bisa kepada individu ataupun badan usaha. Lahan tersebut biasanya digunakan untuk bidang usaha perkebunan.
Hak guna usaha yang sebenarnya hak diberikan pemerintah kepada individu ataupun badan usaha yang mengelola kebun dengan batas waktu yang diberikan dan sesuai dengan komoditas yang ditanam dan ada batas berakhirnya.

Demikian artikel mengenai Belajar (Literasi) Istilah Penting Dalam Debat Capres 2019 Kedua. Semoga Bermanfaat, Wallahu a’lam.

Labels: Gallery

Thanks for reading Belajar (Literasi) Istilah Penting Dalam Debat Capres 2019. Please share...!

0 Comment for "Belajar (Literasi) Istilah Penting Dalam Debat Capres 2019"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top