Bangga Menjadi NaraBlog Pada Era Digital

image: keep.edu.hk/

Tahun 2011 merupakan awal saya menjadi seorang Blogger atau NaraBlog karena pada tahun itu saya sudah memiliki blog sendiri, namun karena tidak memahami sepenuhnya manfaat blog, blog saya biarkan menjadi media kosong yang tak terus.

Tantangan utama menjadi seorang Blogger atau NaraBlog adalah Motivasi. Bagaimana menumbuhkan semangat untuk terus menulis tanpa dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti mendapatkan penghasilan sampingan dari Ngeblog. Tidak sedikit Blogger seperti saya yang masih bingung menentukan Fashion blognya dimana dan tentang apa? Permasalah seperti ini tidak jarang juga ditanyakan oleh teman-teman Blogger lainnya dalam group di media sosial.

Dengan berjalannya waktu walaupun dengan motivasi seadanya saya usahakan untuk tetap bisa menulis di blog. Saya mulai menemukan titik "momentum" pada awal tahun 2015 ketika beberapa rekan guru meminta untuk dibuatkan aplikasi sekolah dan dikirimkan baik lewat e-mail maupun WhatsApps. Karena harus kirim beberapa kali ke beberapa nomor WA dan juga cukup merepotkan, maka saya simpan di Google Drive untuk memudahkan membaginya lewat link dan akhirnya saya buat menjadi modal artikel di blog pribadi saya. Karena postingan tersebut mendapat komentar yang bagus dan banyak yang minta dikirimkan yang full version (karena yang saya posting tersebut bersifat Trial) maka blog saya menjadi lebih hidup dan interaktif.

Maka mulai saat itu saya mulai aktif menjadi Blogger lagi dan menjadi Narablog untuk blog saya. Semakin banyak yang menikmati karya saya maka semakin banyak pula kebaikan yang saya dapatkan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Sebagai seorang Blogger pemula saya teringat dengan kata-kata bijak dan menjadi motto saya sebagai NaraBlog:

"Jika anda bukan siapa-siapa, maka menulislah...!"
"Menulislah terus setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi".

Sekarang saya menikmati sebagai seorang Blogger. Saya sudah mendapatkan manfaat dari blog saya, dan beberapa rekan guru mengenal saya sebagai Guru Blogger. Karena blog, beberapa kali saya di undang sebagai pemateri workshop guru baik di forum MGMP sekolah maupun tingkat kabupaten.
Nara Sumber; "Pembelajaran Era Digital"

Narasumber: "Media Pembelajaran"


Dengan tetap menulis di blog saya berbagi ide-ide atau inovasi dalam pembelajaran di sekolah. Saya termotivasi dengan motto "Guru Mulia Karena Karya"
Rasanya bangga dan bahagia melihat karya kita dibaca oleh banyak orang dan menginspirasi banyak guru.

Menjadi sebuah kebanggaan menjadi NaraBlog pada Era Digital karena melalui blog kita dapat menulis dan berbagi konten-konten positif sehingga dapat mengedukasi masyarakat serta mengurangi dampak negatif dari konten HOAKS (Berita bohong).

Beberapa manfaat sebagai NaraBlog di Era Digital ini, antara lain:
  1. Mendapat undangan pada acara Flash Blogging, dan dapat bersilaturahim dengan Staf Kepresidenan RI Bpk. Sukardi Rinakit dalam tema "Bijak Bermedia Sosial".

  2. Foto Bersama Pak Sukardi Rinakit

  3. Menjadi Finalis ke-3 lomba Guru Blogger PGRI dalam "Konferensi Nasional Guru Blogger PGRI"


Memasuki Tahun Baru 2019 beberapa harapan atau resolusi saya di tahun 2019 ini sebagai seorang Blogger atau NaraBlog, adalah:
  1. Dapat mengelola blog dengan lebih baik dan semakin banyak pengunjung
  2. Dapat menulis lebih produktif dengan ide-ide dan inovasi yang baru
  3. Menjadikan blog sebagai sarana edukasi untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui konten-konten yang bermanfaat sehingga terlahir "Generasi Literat" Generasi yang melek IT.
Artikel ini ditulis sebagai sebuah resolusi di tahun 2019 untuk lebih memotivasi diri sebagai Blogger yang dapat memberikan manfaat untuk sesama.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi rekan Blogger Nusantara.
Labels: Gallery

Thanks for reading Bangga Menjadi NaraBlog Pada Era Digital. Please share...!

1 Comment for "Bangga Menjadi NaraBlog Pada Era Digital"

wow mantab bang, smg tetap menginspirasi melalui tulisan bang :)

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top