Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Sumber Belajar


Pengertian Jejaring Sosial
Segala bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah dan umpan balik (M.L. Kent :2013)

Sebuah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun dengandasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan
pertukaran dari User Generated Content (Kaplan & Haenlein :2010)

Media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan orang lain maupun perusahaan dan vice versa (Kotler & Keller :2016).

Social media tools and networking sites encourage students to engage with each other and to express and share their Creativity” (Vishranti & Prafulla:2016)
(Berbagai jenis platform jejaring sosial mendorong guru/tutor pada keputusan memilih platform media sosial yang mana yang cukup relevan sebagai sumber belajar dan model pembelajaran).


Pembelajaran dengan menggunakan jejaring sosial


  1. Peer based Learning
  2. merupakan kegiatan belajar yang berpusat pada peserta didik dalam suatu kelompok atau komunitas (Instruction should be student-centered).

  3. Pembelajaran secara kolaborasi (facebook, blog, fanpage)
  4. Memulai daftar kontak kelas untuk berkolaborasi dan saling membagikan tips-tips pelajaran tertentu dan mengundang guru yang menggunakan media sosial untuk bergabung dengan kelompok belajar sehingga bisa memberi masukan

  5. Pengembangan kreativitas (vlog, pinterest, blog)

  6. Pembelajaran berdasarkan minat (interest based network : goodread, pinterest)

  7. Pembelajaran melalui komunitas (melalui berbagai macam komunitas yang ada di jejaring sosial)

  1. Wall facebook, sebagai papan informasi.
  2. Facebook note, untuk membuat tulisan singkat atau handout materi belajar.
  3. Fiture chating, untuk berkomunikasi langsung dengan sesama pengguna atau sebagai media diskusi online tentang materi belajar.
  4. Facebook group, untuk komunitas peserta didik, kajian-kajian keilmuan, study club, dan mengontrol jumlah siswa/pebelajar yang mengikuti perkuliahaan atau pembelajaran secara distance learning.
  5. Facebook quiz, dalam fitur atau fasilitas ini, bisa dioptimalkan oleh guru atau peserta didik untuk latihan materi untuk evaluasi pembelajaran lewat quiz online yang interaktif.
  6. Facebook share, untuk men-share materi pembelajaran (teks, link, gambar,video dsb).




Pengguna dapat mengunggah video pembelajaran melalui channel atau akun Youtube yang di miliki dan pengguna lain dapat melihat, mengunduh atau membagi video tersebut.

Manfaat Channel Youtube:
  1. Sebagai referensi sumber belajar melalui video pembelajaran
  2. Sebagai strategi belajar dalam hal memahami proses atau penyebab suatu kejadian secara lebih detil melalui tayangan video
  3. Proses pembelajaran dapat lebih praktis dan efisien




Aplikasi jejaring sosial berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Sebagai sumber belajar, pengguna dapat mengikuti (following) berbagai akun pembelajaran yang ada di Instagram.

Dengan menjadi follower maka pengguna akan mendapatkan segala informasi baik berupa gambar, teks dan video dari akun yang diikuti.






Blog adalah bentuk Aplikasi Web sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam sebuah halaman web. Blog banyak berupa aplikasi open source sehingga
pengguna dapat dengan bebas membuat dan berbagi karya melalui blog masing-masing.


Dikutip dari: Modul Rumah Belajar Kemdikbud RI

Labels: Gallery

Thanks for reading Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Sumber Belajar. Please share...!

0 Comment for "Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Sumber Belajar"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top