MGMP KKMTs KLU: Membuat Bahan Ajar Digital Berbasis e-Pub


     Workshop MGMP Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) dengan tema: "Membuat Bahan Pembelajaran Digital Berbasis e-Pub" yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu Rabu dan Kamis (17 - 18 Januari 2018) di ikuti oleh 30 peserta guru mata pelajaran meliputi 32 jam pembelajaran dengan materi workshop:


     Workshop MGMP tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara dan Pejabat struktural di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara. Dalam sambutannya Kakanmenag Kabupaten Lombok Utara Drs. H. Muksin, M.PdI menyampaikan kekagumannya pada agenda MGMP yang diselenggarakan oleh KKMTs Kecamatan Tanjung. Lebih lanjut beliau mengatakan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara mendukung penuh segala langkah positif dan ide-ide kreatif yang dimunculkan oleh kelompok-kelompok pendidik dan tenaga kependidikan di lingkup Kemenag Lombok Utara seperti MGMP atau KKG yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kompetensi guru madrasah di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara, kegiatan-kegiatan positif seperti ini harus dapat dicontoh oleh MGMP ataupun KKG lainnya yang ada di Kabupaten Lombok Utara, pesan beliau sebelum mengakhiri kata-kata sambutannya. 

Kakanmenag Kab. Lombok Utara  (Pembukaan Workshop MGMP)
     Hal senada juga disampaikan oleh bapak Kasi Pendis Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara Bapak Nurul Wathon, M.Pd dalam sambutannya beliau mengharapkan tenaga pendidik dan kependidikan di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara agar dapat terus mengembangkan dan meningkatkan kompetensi profesinya masing-masing baik secara kolektif melalui forum-forum guru maupun secara mandiri melalui training atau pelatihan-pelatihan guru yang diselenggarakan pemerintah maupun non pemerintah, agar guru-guru madrasah dapat menerapkan pembelajaran dikelas melalui ICT Learning. 

Bapak Kasi Pendis Kemenag KLU (memberikan pengantar Workshop)
     Dalam workshop "membuat bahan pembelajaran digital berbasis e-Pub" ini para peserta diharapkan dapat menghasilkan sebuah karya berupa buku digital yang nantinya dapat dimanfaatkan dimadrasah masing-masing sebagai bahan atau media pembelajaran alternatif yang dapat menarik minat belajar peserta didik dan dapat mengatasi keterbatasan buku paket  di madrasah masing-masing, karena buku digital yang dihasilkan merupakan bentuk buku elektronik yang dapat langsung diakses menggunakan perangkat PC/Laptop maupun Smartphone (Android) dari masing-masing peserta didik sehingga dapat dipelajari secara mandiri baik ketika berada di lingkungan sekolah maupun ketika berada di rumah (di luar lingkungan sekolah).
Sesi Penyampaian Materi
Keseriusan peserta dalam menghasilkan buku digital
     Workshop yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut diikuti dengan antusiasme para peserta, hal ini dapat diamati melalui seringnya muncul pertanyaan-pertanyaan dan kebingungan dari peserta workshop. Namun dengan mengikuti workshop dan mengikuti langkah step by step akhirnya para peserta merasakan kebahagian dan kepuasan karena telah dapat menghasilkan sebuah karya berupa e-book atau buku digital yang selama ini mereka tidak pernah terbayang akan mampu berkarya sejauh ini sampai menghasilkan sebuah buku digital yang dapat di share baik kepada sesama guru maupun kepada para peserta didik masing-masing. Hal ini pula yang disampaikan para peserta pada sesi testimoni kegiatan workshop pada akhir acara MGMP, karena buku digital yang mereka hasilkan adalah buku digital yang kontennya tidak hanya berupa teks atau image namun dapat memuat video-video pembelajaran sehingga penyajiannya lebih interaktif dan menarik.
Sesi Foto Bersama Peserta Workshop MGMP
     Semoga praktik baik dalam dunia pendidikan terus dapat ditularkan dan kegiatan workshop ini terus dapat menghasilkan inovasi-inovasi demi kemajuan dunia pendidikan, dan sangat diharapkan produk dari workshop selama 2 (dua) hari ini dapat disebarkan kepada guru-guru lainnya sehingga mendapatkan kebermanfaatan yang luas. Amiin....
Sampai bertemu di workshop-workshop lainnya dengan tema dan inovasi digital yang lebih menarik sehingga menumbuhkan semangat belajar more and more....!!!
Labels: Buku Digital, Gallery

Thanks for reading MGMP KKMTs KLU: Membuat Bahan Ajar Digital Berbasis e-Pub. Please share...!

0 Comment for "MGMP KKMTs KLU: Membuat Bahan Ajar Digital Berbasis e-Pub"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top