Ini keistimewaan orang yang berpuasa bulan Ramadan

Hikmah Puasa Bulan Ramadan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang diharap-harapkan kedatangannya bagi seluruh muslim di seluruh belahan bumi ini. Bagaimana tidak, seluruh umat muslim sangat merindukan perjumpaan dengan bulan yang penuh berkah ini, didalam bulan ini berbagai keberkahan, amal kebajikan dilipat gandakan balasannya oleh Allah SWT. Tahun ini awal Ramadhan jatuh bertepatan pada hari senin, 6 Mei 2019 M/1440 H.


Puasa merupakan amalan atau ibadah yang sangat istimewa dihadapan Allah Azza Wa Jalla, Hal ini dikuatkan dari periwayatan Muslim, 1151 dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata Rasulullah Sallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:


”Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya”.

Sangatlah beruntung seorang muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan, karena dengan puasa seorang muslim diharapkan dapat menjadi insan yang bertaqwa kepada Rabb nya. Sebagaimana yang di firmankan oleh Allah Azza Wa Jalla dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Dalam Artikel ini akan dijelaskan beberapa keistimewaan puasa Ramadhan berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits.

  1. Bagi orang yang berpuasa akan dibukakan pintu surga
  2. Surga merupakan tempat terbaik yang disediakan Allah untuk orang-orang yang beriman. Dalam hal ini tentunya juga termasuk orang yang berpuasa. Berita ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 25 berbunyi:


    “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu". Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya”.

    Hal diatas dinyatakan juga dalam hadits Rasulullah Sallallahu’alaihi Wa Sallam. Beliau bersabda:

    ”Di Surga ada delapan pintu. Di antaranya ada pintu yang bernama Rayyan, yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  3. Bagi orang yang berpuasa akan diampuni segala dosa-dosanya dimasa lalu
  4. Sungguh berbahagialah orang yang berpuasa, karena puasanya merupakan penghapus dosanya yang terdahulu. Diantara amalan Ramadhan yang paling utama adalah puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan juga merupakan sebab seseorang mendapatkan ampunan Allah SWT. Dari Abu Hurairah ia berkata, bahwa Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:


    “Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan landasan iman dan berharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah berlalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  5. Dua kebahagian bagi orang yang berpuasa.
  6. Rasanya dapat kita rasakan sendiri betapa bahagianya perasaan kita disaat-saat akan berbuka puasa. Perasaan gembira ini sengaja diberikan oleh Allah SWT khususnya untuk orang yang berpuasa. Sedangkan bagi orang yang tidak berpuasa tentu tidak akan dapat merasakan kebahagiaan ini karena mereka tidak diberkahi oleh Allah SWT. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata, bahwa Rasulullah Sallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:


    “Setiap amal Bani Adam dilipatgandakan, satu kebaikan dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman, ”Kecuali puasa, ia untukKu dan Aku yang membalasnya. Dia meninggalkan syahwat dan makannya demi Aku.” Orang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan. Kebahagiaan pada waktu berbuka dan kebahagiaan pada waktu bertemu Rabbnya. Sungguh aroma mulut orang yang berpuasa adalah lebih harum disisi Allah daripada minyak kasturi”. (HR. Bukhari dan Muslim).

    Nanti di Akhirat orang yang beriman yang taat berpuasa, akan dimasukkan oleh Allah ke dalam surga melalui pintu istimewa yang bernama Ar-Rayyan. Setibanya mereka di dalam surga,lalu Allah bertanya: Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman yang taat berpuasa sewaktu di dunia lalu, apakah kalian senang berada dalam surga ini? Mereka menjawab serentak: “Senang wahai Tuhan kami”, lalu Allah bertanya lagi: “Apakah yang kau minta kepada-Ku?” lalu menjawab salah seorang: “Wahai Tuhan kami, sungguh kami ingin melihat bagaimana indahnya raut wajahmu”. Kemudian Allah memperlihatkan wajah-Nya yang sesungguhnya,maka semua penduduuk surga menajdi heran, betapa indahnya wajah Allah.

  7. Bermanfaat untuk kesehatan tubuh
  8. Puasa dalam ilmu kedokteran dan kesehatan berarti mengistirahatkan saluran pencernaan dan enzim-enzim pencernaan yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 14 – 18 jam.

    Dalam surat Al-Baqarah ayat 184 Allah SWT berfirman:




    184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.


Ketika seorang muslim menjalankan ibadah puasa, sesungguhnya tubuh kita dapat melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat beracun yang tidak dibutuhkan didalam tubuh kita). Dengan puasa proses detoksifikasi didalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Manfaat lain dari puasa bagi tubuh antara lain:

  • Untuk proses regenerasi sel (pembaharuan sel) dalam tubuh
  • Memperkuat sistem imun (kekebalan tubuh), fungsi dari sel-sel getah bening (limfe) akan membaik 10 kali lipat.
  • Puasa merupakan obat alami bagi penderita maag.
  • Puasa melatih kita untuk sabar dan tidak mudah marah, senantiasa berzikir kepada Allah. Hal ini baik bagi kesehatan terutama untuk kesehatan kerja jantung dalam memompa darah dan menghindari dari terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi.
  • Dalam sebuah hadits Rasulullah Sallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda: “Berpuasalah, maka engkau akan sehat”. (HR. Thabrani).

Demikian beberapa keistimewaan yang akan didapatkan bagi seorang muslim yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan ini. Semoga keyakinan kita semakin kuat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Wallahu a’lam.

Labels: Gallery

Thanks for reading Ini keistimewaan orang yang berpuasa bulan Ramadan. Please share...!

0 Comment for "Ini keistimewaan orang yang berpuasa bulan Ramadan"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top