MGMP MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah: Guru Belajar Media Pembelajaran Interaktif (MPI) VideoScribe dan Focusky

     Guru sebagai "Agen perubahan dalam dunia pendidikan" harus mampu memotivasi diri dalam menjalani profesinya, salah satu cara memotivasi diri adalah dengan selalu meng-Upgrade pengetahuan dan cara menyampaikan materi melalui media pembelajaran yang semakin beragam bentuknya. Sebagai guru kekinian guru harus mampu menguasai media pembelajaran agar maksud dan tujuan materi yang disampaikan di dalam kelas sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator atau kompetensi inti. Kalimat inilah yang disampaikan oleh Bapak H. Muhsin, S.Pd selaku kepala MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah  Kapek Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat pada acara pembukaan MGMP MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah di depan para guru dan pegawai atau TU yang menjadi peserta MGMP tersebut.

Kepala MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah (H. Muhsin, S.Pd)


     Dalam acara MGMP tersebut Bapak H. Muhsin, S.Pd berpesan setelah kegiatan ini berakhir agar guru-guru mampu menerapkan dan mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di dalam kelas masing-masing. Lebih lanjut beliau mengatakan kepada guru-guru peserta MGMP, agar setelah kegiatan Workshop ini beliau akan melakukan supervisi langsung para guru-guru khususnya mengenai cara penyampaian materi pembelajaran di kelas, apakah sudah menerapkan media pembelajaran yang dipelajari di MGMP ini atau belum.

Kepala MTs (dalam sesi pembukaan MGMP)

     MGMP MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah mengambil tema "Media Pembelajaran VideoScribe dan Focusky". Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, Rabu dan Kamis (1 s/d 2 Nopember 2017) dimulai pada pukul 08:00 - 16:00 wita.

     Bagi peserta MGMP media pembelajaran VideoScribe dan Focusky merupakan hal yang masih asing dan baru mereka dengar melalui MGMP yang dilaksanakan tersebut, sehingga antusiasme para peserta dalam mengikuti MGMP tersebut terlihat melalui wajah-wajah penuh semangat dari peserta Workshop Media Pembelajaran tersebut, tidak jarang karena rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi mengenai kedua media pembelajaran tersebut, para peserta tanpa sadar ditengah-tengah penyampaian materi sering sekali menyampaikan beberapa pertanyaan sehingga suasana kegiatan Workshop tersebut menjadi begitu hidup dan berlangsung seru namun tetap dalam suasana santai dan penuh kekeluargaan, terkadang sesekali suasana ruang MGMP menjadi ramai oleh candaan dan tawa dari peserta karena mereka merasa kegiatan Workshop kali ini benar-benar memperkenalkan sesuatu hal yang baru dan berbeda sekali jika dibandingkan dengan Workshop-workshop (MGMP) sebelumnya yang sering membahas masalah Silabus dan RPP, begitulah testimoni yang disampaikan oleh salah seorang guru peserta kegiatan MGMP tersebut. Dan tidak jarang meskipun kegiatan Workshop tersebut sudah berakhir, namun peserta tanpa rasa sungkan tetap bertanya dan mengirim pesan melalui WA penulis, bertanya lebih detail tutorial lengkap tentang materi VideoScribe dan Focusky, mereka ingin terlihat keren dan profesional di depan para siswi-siswi mereka ketika menyampaikan materi menggunakan kedua media pembelajaran interaktif (MPI) tersebut.

Peserta MGMP (Serius menyimak materi Workshop)

Melihat antusiasme para pendidik MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah, penulis merasa bahagia karena penulis merasa materi yang telah disampaikan selama kegiatan MGMP tersebut berlangsung dapat diterima dengan sangat baik, dan penulis sebagai pemateri merasa bangga karena dapat memberikan atau berbagi ilmu dengan guru-guru hebat Indonesia khususnya kepada guru-guru di MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah.

Terimakasih kepada seluruh peserta Workshop MGMP "Media Pembelajaran Interaktif (MPI) VideoScribe dan Focusky" atas penerimaan dan kehebohan yang tercipta selama kegiatan berlangsung. Harapan penulis semoga apa yang didapatkan selama 2 (dua) hari kegiatan tersebut dapat ditularkan kepada guru-guru lain, agar praktik-praktik baik dalam pembelajaran ini dapat ditularkan menjadi kebiasaan baik. Semoga para pendidik di MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah menjadi guru-guru yang mampu menyampaikan pembelajaran melalui media yang telah dipelajari sesuai harapan yang telah disampaikan oleh bapak H. Muhsin, S.Pd selaku kepala di madrasah tersebut.




Labels: Gallery

Thanks for reading MGMP MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah: Guru Belajar Media Pembelajaran Interaktif (MPI) VideoScribe dan Focusky. Please share...!

0 Comment for "MGMP MTs Putri Ponpes Al-Aziziyah: Guru Belajar Media Pembelajaran Interaktif (MPI) VideoScribe dan Focusky"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top