MGMP MTsN 2 Lombok Barat: Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Efektif

     Pemanfaatan media pembelajaran sebagai salah satu pilihan cerdas dalam menyampaikan tujuan pembelajaran di dalam kelas merupakan hal yang masif dilakukan oleh setiap pendidik di Indonesia. Dan dalam praktiknya pendidik saat ini memang dituntut agar "Melek media atau melek IT", karena jika tidak, maka guru yang bersangkutan pastilah akan semakin jauh tertinggal dengan guru-guru muda yang sekarang memiliki semangat dan antusias tinggi untuk mempelajari IT sebagai media pembelajaran.

     Sadar akan tantangan tersebut, maka MTs Negeri 2 Lombok Barat dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang diselenggarakan selama 3 hari (18 s/d 20 Oktober 2017), mengangkat tema besar yaitu: IT based Teaching Media: "Manfaatkan Teknologi Untuk Pembelajaran Yang Efektif".

Tema MGMP MTsN 2 Lombok Barat


     "MGMP yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini dihajatkan kepada semua guru-guru di MTsN 2 Lombok Barat agar "Melek IT" dapat mengintegrasikan Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran didalam kelas", demikian kata pengantar yang disampaikan oleh Bapak Hermansyah, S.Pd selaku kepala madrasah di MTsN 2 Lombok Barat. 

Lebih lanjut beliau mengatakan agar "media pembelajaran yang dipelajari dalam MGMP ini agar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif cerdas dari sekian banyak media pembelajaran, yang dapat diterapkan di dalam kelas sebagai sesuatu yang berbeda yang diberikan kepada peserta didik".

Materi MGMP MTsN 2 Lombok Barat yang diselenggarakan mulai hari Rabu, 18 Oktober 2017 tersebut mengambil 2 materi Workshop yaitu:
  1. Pemanfaatan VideoScribe sebagai Media Pembelajaran
  2. Pemanfaatan Microsoft PowerPoint sebagai Media Presentasi didalam kelas.
Workshop MGMP yang di ikuti oleh para pendidik di MTsN 2 Lombok Barat, menunjukkan antusiasme yang tinggi karena MGMP kali ini merupakan MGMP dengan tema yang berbeda sama sekali dengan MGMP pada tahun-tahun sebelumnya, tampak sekali peserta workshop (MGMP) serius mengikuti step by step langkah-langkah yang di paparkan oleh pemateri.



Selama pelaksanaan MGMP, peserta sangat aktif bertanya agara dapat menghasilkan sebuah media pembelajaran yang menarik jika nantinya disajikan didepan peserta didik.

MGMP ini diharapkan dapat menghasilkan Media Pembelajaran VideoScribe dan PPT yang Powerfull...sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dan agar hasil dari workshop MGMP ini secara continue terus dapat dikembangkan dan diterapkan oleh masing-masing peserta workshop dalam setiap tema pembelajaran didalam kelas.

Dokumentasi Kegiatan:

Peserta Workshop VideoScribe dan PPT
Santai namun tetap serius....!
Fokus pembuatan Media Ajar VideoScribe dan PPT
Sesi Pemberian Materi
Guru-guru Melek ITπŸ’—πŸ’—πŸ’—

(Tulisan ini sebagai sebuah rangkuman pelaksanaan MGMP di MTsN 2 Lombok Barat, Rabu s/d Jum'at, 18 - 20 Oktober 2017).

Labels: Gallery

Thanks for reading MGMP MTsN 2 Lombok Barat: Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Efektif. Please share...!

0 Comment for "MGMP MTsN 2 Lombok Barat: Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Efektif"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top