Flash Blogging: Bijak Bermedia Sosial

Sukardi Rinakit - Tim Komunikasi Presiden RI (Jokowi)

     Acara Flash Blogging atau Temu Blogger NTB di Astoria Hotel Mataram pada hari Jum'at, 15 September 2017 membahas tema "Bijak Bermedia Sosial" yang di selenggarakan oleh Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Tim Komunikasi Presiden.


     Di Indonesia saat ini tidak kurang dari 82 juta orang mengakses internet (We are Social, 2016), dan sebagian besar aktif menggunakan media sosial. Selain itu tercatat konsumsi televisi masyarakat Indonesia sebesar (95%), disusul oleh internet (33%), Radio (20%), Surat kabar (12%), Tabloid (6%), dan Majalah (5%) (Nielsen, 2014).

Pak Fairus atau lebih dikenal dengan Abu Macel (Lombok Post)

     Kemampuan kita untuk menggunakan media baik sebagai penonton, pendengar, pembaca, maupun pengguna internet memungkinkan kita menerima dan mencari berbagai isi media. Apakah beragam dan banyaknya isi media yang kita terima itu merupakan informasi yang kita butuhkan dan bermanfaat?

Peserta Flash Blogging Mataram- NTB


     Dibutuhkan kemampuan untuk dapat mengolah, menilai, dan menyeleksi beragam isi media yang kita terima. Kemampuan tersebut membutuhkan pengetahuan kita tentang media serta beragam aspek yang terkait dengan kepemilikan media, sistem produksi maupun distribusinya. Itulah yang dinamakan melek media. (Eni Maryani).


Media Massa
Kata media berasal dari kata medium yang artinga perantara. Di dalam perspektif komunikasi, media dapat dipahami sebagai sebuah alat atau teknologi dan juga sebagai sebuah institusi (Baker, 2004).

Media massa mempunyai beberapa fungsi dalam masyarakat, antara lain:
  1. Fungsi Informasi
  2. Fungsi kontrol sosial
  3. Fungsi edukasi
  4. Fungsi hiburan.
Secara umum, media massa terbagi menjadi beberapa jenis, yakni media massa cetak, media massa elektronik, dan media massa online. (Maryani, 2011).

Literasi Media
Apakah yang dimaksud dengan Litearsi Media?

Definisi umum mengenai literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004).

Menurut Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), setidaknya, ada tiga tujuan utama dari literasi media:
  1. Memahami operasi media dengan benar
  2. Menyikapi media secara benar
  3. Memihak pada (isi) media yang benar.
Jika seseorang memiliki pemahaman tentang literasi media atau dikatakan "melek media" maka ia:
  • Paham bahwa konten media adalah hasil konstruksi, dan media dapat mengkontruksi realitas.
  • Paham bahwa media memiliki implikasi komersial (terkait dengan bisnis, iklan, dan lain-lain).
  • Paham bahwa media memiliki implikasi politis dan ideologis.
  • Paham bahwa setiap jenis media memiliki bentuk keunikan tersendiri.
  • Paham bahwa khalayak dapat menegosiasikan makna yang mereka temui di media (Aufderheid, 1992).
#FlashBlogging
#TemuBlogger

Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat pencerahan tentang "Bijak Bermedia Sosial"
Saatnya kita "Melek Media".
(Tulisan ini merupakan rangkuman agenda flash blogging, temu blogger mataram-NTB, Jum'at, 15 September 2016, Astoria Hotel Mataram).



Labels: Gallery

Thanks for reading Flash Blogging: Bijak Bermedia Sosial. Please share...!

0 Comment for "Flash Blogging: Bijak Bermedia Sosial"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top