GURU MILENIAL, SEBUAH PROFESI DI MASA DEPAN



Mendikbud Muhadjir Effendy
Mendikbud_Muhadjir Effendy

Dalam rangka memperingati Hari Guru Internasional atau Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Muhadjir Effendy membuka lokakarya bertajuk "Guru Milenial sebuah profesi di masa depan" di Graha Kemdikbud Kamis, 10 Oktober 2019.


Guru Milenial sebagai guru masa depan adalah guru-guru dengan kecakapan atau kompetensi literasi yang baik terutama dalam hal literasi digital sehingga dengan kemampuannya tersebut akan mampu menciptakan sebuah suasana lingkungan atau ekosistem sekolah berbasis TIK (Teknologi Informasi) sebagai implementasi pembelajaran abad 21 dalam revolusi industri 4.0

Dengan kemampuan melek IT, seorang guru milenial mampu menghadirkan strategi ataupun metode pembelajaran yang menstimulus dan membawa peserta didik dalam suasana pembelajaran berpikir tingkat tinggi "High Order Thinking Skill (HOTS)" seperti pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) yang dapat melatih peserta didik untuk secara mandiri terbiasa menemukan jawaban melalui sebuah penalaran (asosiasi) dengan melibatkan langkah kerja saintifik sehingga pembelajaran terpusat pada peserta didik (student centered).

Pada era revolusi industri 4.0 guru masa depan akan memiliki kemampuan untuk menghadirkan objek pembelajaran didalam kelas secara real-time berupa objek 3 dimensi melalui pemindaian alat VR (Virtual Reality) atau Kecerdasan Buatan AI (Artificial Intelegence) berupa robotic maupun hologram.


Dengan perkembangan dunia digital yang semakin mutahir seorang guru di masa depan akan mampu mengelola pembelajaran atau kelasnya melalui teknologi video conference (vicon) sehingga memungkinkan antara guru dan peserta didik tidak harus tatap muka secara konvensional diruang kelas, dengan begitu kelas akan lebih santai dan fleksibel karena tidak terbatasi oleh ruang dan waktu.

Labels: Gallery

Thanks for reading GURU MILENIAL, SEBUAH PROFESI DI MASA DEPAN. Please share...!

1 Comment for "GURU MILENIAL, SEBUAH PROFESI DI MASA DEPAN"


Menarik infonya, thanks you. Oiya, saya nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang cara cerdas agar kaum milenial bisa kaya dalam waktu dekat. Cek di sini ya: Tips cerdas agar milenial bisa kaya dalam 5 tahun

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top