DIGITALISASI SEKOLAH DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0


Integrasi TIK di Sekolah

Sebagaimana dikutip dari laman resmi ditjen.gtk.kemdikbud bahwa Program Digitalisasi Sekolah akan didukung dan ditindaklanjuti dengan peningkatan kompetensi guru, khususnya di bidang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini karena guru merupakan ujung tombak dan penentu keberhasilan program digitalisasi sekolah untuk mempercepat terciptanya sumber daya manusia Indonesia yang unggul.


Kunci berhasil atau tidaknya program digitalisasi sekolah ada pada guru. Jadi kompetensi guru harus baik. Guru harus belajar tiap hari baik bersama instruktur, belajar mandiri, ataupun belajar dengan koleganya dalam asosiasi guru.


Mendikbud_Muhadjir Effendy


Peningkatan kompetensi guru merupakan program prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang terus ditingkatkan kualitas pelaksanaannya. Peningkatan kompetensi guru dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Program ini akan dilaksanakan berbasis zona dengan mengoptimalkan peran kelompok kerja guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP).

Peran guru di era revolusi industri 4.0, menurut Mendikbud, semakin penting. “Guru tidak hanya mengajar, namun sekarang guru harus menguasai sumber-sumber di mana anak-anak bisa belajar. Anak-anak bisa belajar dari mana saja, dan guru mengarahkan,” tutur Mendikbud Muhadjir Effendy. Dengan kata lain guru berfungsi sebagai penghubung sumber belajar atau resource linker.

Labels: Gallery

Thanks for reading DIGITALISASI SEKOLAH DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0. Please share...!

0 Comment for "DIGITALISASI SEKOLAH DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top