Membangun e-Learning (Kelas Maya) melalui EDMODO

Pemanfaatan Platform Edmodo untuk membangun kelas maya dalam pembelajaran Abad 21 (21st Century Learning)

Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukan untuk guru, murid sekaligus orang tua murid. Edmodo pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’hara dan Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan.

Edmodo sangatlah membantu sekali dalam proses pembelajaran. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah. Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook. Dengan Edmodo, guru dapat mengirim nilai, tugas, maupun kuis untuk siswa dengan mudah.


Langkah-langkah dalam membangun e-Learning Edmodo:
  1. Membuat Account Guru di Edmodo melalui laman resmi www.edmodo.com
  2. Berikut contoh account guru (milik saya pribadi):

    Point utama dalam membuat akun guru adalah sign up di edmodo dan mengisi profile guru, kemudian tahap terakhir membuat group atau kelas pembelajaran.

  3. Membuat Account siswa
  4. Langkah-langkah membuat akun siswa pada dasarnya sama dengan cara membuat akun guru, bedanya adalah akun siswa dibuat oleh siswa itu sendiri dan dipandu oleh guru. Untuk dapat masuk ke laman utama edmodo siswa harus login menggunakan username dan password yang sudah dikirimkan lewat email yang didaftarkan di edmodo.

  5. Bergabung dalam Kelas atau Group Pembelajaran
  6. Agar siswa atau peserta didik dapat join atau bergabung ke dalam kelas maya (group belajar), maka guru harus "Menyebarkan" atau memberikan akses berupa kode group (Kode Kelas Maya) kepada setiap siswa dan apabila semua siswa sudah masuk ke dalam group (kelas), maka pembelajaran dapat dimulai.

    Siswa atau peserta didik yang sudah bergabung ke dalam kelas atau group belajar akan terpantau atau terlihat pada kolom atau tab "Members" (Anggota)


  7. Mengisi konten atau bahan belajar
  8. Untuk dapat menyiapkan bahan pembelajaran yang nantinya bisa di download (unduh) oleh peserta didik, maka kita dapat mengupload materi pembelajaran pada Tab "Library" atau Perpustakaan. Materi pembelajaran ini bisa berupa Word, Excel, ataupun format lainnya, Bisa juga kita membuat Folder sesuai Bab/Pembahasan Materi.


  9. Membuat evaluasi atau test online
  10. Test online pada edmodo dapat dilakukan dengan membuat soal online melalui tab atau kolom "Quiz". Quiz disini ada 5 pilihan antara lain: Soal Mencocokkan (Menjodohkan), Soal Benar-Salah, Pilihan Ganda (Multipple Choice), Essay, dan Uraian.

    Selain Kuis, Guru juga dapat membuat Assigment, Note (Catatan/pesan), juga Polling atau survey.


    Nahh....Apakah anda tertarik mengelola e-learning atau kelas maya anda menggunakan Edmodo

    Saatnya beralih dari pembelajaran konvensional menuju 21st Century Learning (Pembelajaran Abad 21) dalam mempersiapkan peserta didik menuju Revolusi Industri 4.0
Labels: Gallery, Tutorial

Thanks for reading Membangun e-Learning (Kelas Maya) melalui EDMODO. Please share...!

1 Comment for "Membangun e-Learning (Kelas Maya) melalui EDMODO"

Dilarang berkomentar hal-hal yang bersifat sara dan pornografi

Back To Top